6.2 Koefisien-koefisien situs dan paramater-parameter respons spektral percepatan gempa maksimum yang dipertimbangkan risiko-tertarget (MCER)

Untuk penentuan respons spektral percepatan gempa MCER di permukaan tanah, diperlukan suatu faktor amplifikasi seismik pada periode 0,2 detik dan periode 1 detik. Faktor amplifikasi meliputi faktor amplifikasi getaran terkait percepatan pada getaran periode pendek (Fa) dan faktor amplifikasi terkait percepatan yang mewakili getaran periode 1 detik (Fv). Parameter respons spektral percepatan pada periode pendek (SMS) dan periode 1 detik (SM1) yang disesuaikan dengan pengaruh klasifikasi situs, harus ditentukan dengan perumusan berikut ini:

“Hak cipta Badan Standardisasi Nasional, copy standar ini dibuat untuk Sub KT 91-01-S4 Bahan, Sain, Struktur & Konstruksi Bangunan, dan tidak untuk dikomersialkan” SNI 1726:2019 © BSN 2019 34 dari 236

SMS = Fa Ss .... Pers (7)
SM1 = Fv S1 .... Pers (8)

Keterangan:
Ss = parameter respons spektral percepatan gempa MCER terpetakan untuk periode pendek; S1 = parameter respons spektral percepatan gempa MCER terpetakan untuk periode 1,0 detik.

Dengan koefisien situs Fa dan Fv mengikuti Tabel 6 dan Tabel 7 di bawah ini. Jika kelas situs SE digunakan sebagai kelas situs berdasarkan 6.1.3, maka nilai Fa tidak boleh kurang dari 1,2. Jika digunakan prosedur desain sesuai dengan Pasal 8, maka nilai Fa harus ditentukan sesuai 8.8.1 serta nilai Fv, SMS, dan SM1 tidak perlu ditentukan.

Tabel 6 – Koefisien situs, Fa

Tabel 7 – Koefisien situs, Fv

[ Lanjut Ke 6.3 Parameter percepatan spektral desain ]



Kembali ke Daftar Isi
Jelajah ke Daftar Gambar
Jelajah ke Daftar Tabel