15 Peta-peta gerak tanah seismik dan koefisien risiko

Pasal ini memberikan peta-peta gerak tanah seismik dan koefisien risiko dari gempa maksimum yang dipertimbangkan (Maximum Considered Earthquake, MCE) yang ditunjukkan pada Gambar 15 sampai Gambar 19 yang diperlukan untuk menerapkan ketentuan-ketentuan beban gempa dalam standar ini. Gambar 20 menunjukkan peta transisi periode panjang TL yang dapat digunakan dalam aturan seismik terkait.

Gambar 15 dan Gambar 16 menunjukkan peta gempa maksimum yang dipertimbangkan risiko-tertarget (MCER) untuk parameter-parameter gerak tanah Ss dan S1. Ss adalah parameter nilai percepatan respons spektral gempa MCER risiko-tertarget pada periode pendek, teredam 5 %, sebagaimana yang dijelaskan dalam 6.2 S1 adalah parameter nilai percepatan respons spektral gempa MCER risiko-tertarget pada periode 1 detik, teredam 5 %, sebagaimana yang dijelaskan dalam 6.2.

Pada pasal ini juga diberikan Gambar 17 yang menyajikan gempa maksimum yang dipertimbangkan rata-rata geometrik (MCEG), percepatan tanah puncak, dalam g. Gambar 18 dan Gambar 19 menunjukkan nilai-nilai CRS dan CR1. CRS adalah koefisien risiko terpetakan untuk spektrum respons periode pendek yang digunakan dalam 6.10.2.1 CR1 adalah koefisien risiko terpetakan untuk spektrum respons periode 1 detik yang digunakan dalam 6.10.2.1.


“Hak cipta Badan Standardisasi Nasional, copy standar ini dibuat untuk Sub KT 91-01-S4 Bahan, Sain, Struktur & Konstruksi Bangunan, dan tidak untuk dikomersialkan” SNI 1726:2019 © BSN 2019 230 dari 236


Nilai-nilai kontur percepatan puncak dijelaskan sebagai berikut:

a. Target risiko pada struktur saat mengalami keruntuhan didefinisikan sebanding dengan 1 % kemungkinan keruntuhan bangunan dalam 50 tahun, berdasarkan kekuatan umum struktur. Dalam kaitan ini, MCER risiko-tertarget didefinisikan sebagai nilai spektral Ss dan S1 MCE 2 % kemungkinan terlampaui dalam 50 tahun dikalikan dengan koefisien risiko, masing-masing CRS dan CR1 (sesuai Gambar 18 dan Gambar 19 yang dalam ketentuan tata cara ini nilai-nilai tersebut bervariasi antara 0,85 sampai 1,15)

b. Faktor pengali 1,1 pada periode 0,2 detik dan faktor pengali 1,3 pada periode 1 detik diterapkan terhadap nilai rata-rata geometrik hasil analisis bahaya (hazard) gempa untuk memperhitungkan arah percepatan maksimum;

c. Batas atas deterministik digunakan pada daerah dekat sesar aktif dengan mengambil faktor pengali 1,8 kali dari nilai tengah percepatan puncak hasil analisis bahaya gempa deterministik (faktor 1,8 kali nilai median digunakan untuk merepresentasikan respons 84th percentile), dan nilai spektral tidak kurang 1,5g untuk periode 0,2 detik dan tidak kurang dari 0,6g untuk periode 1 detik.


========================SELESAI SNI 1726===========================



Kembali ke Daftar Isi
Jelajah ke Daftar Gambar
Jelajah ke Daftar Tabel