13.4 Kondisi beban seismik dan kriteria penerimaan untuk prosedur respon nonlinear

Untuk prosedur respon riwayat waktu nonlinier pada 13.3, sistem pemikul beban seismik, sistem peredam, kondisi pembebanan, dan kriteria penerimaan untuk parameter respons tinjauan harus sesuai dengan persyaratan pasal berikut.

13.4.1 Sistem pemikul beban seismik

Sistem pemikul beban seismik harus memenuhi persyaratan kekuatan berdasarkan 7.2.1 dengan menggunakan kedua persyaratan berikut:

1. Gaya geser dasar seismik, Vmin, seperti yang tertuang pada 13.2.1.1, dan

2. Permintaan dari desain analisis respons riwayat waktu nonlinier. Simpangan antar tingkat harus ditentukan dengan menggunakan gerak tanah MCER dengan model gabungan dari sistem pemikul beban seismik dan sistem peredam. Eksentrisitas tak terduga harus diperhitungkan.

Simpangan maksimum pada MCER tidak boleh melebihi 3 %, atau simpangan batas yang ditentukan pada Tabel 20 yang dikalikan dengan nilai terendah antara 1,5R/Cd dan 1,9.
Cd dan R harus berdasarkan Tabel 12 untuk sistem pemikul beban seismik tinjauan.

13.4.2 Sistem peredam

Perangkat peredam dan koneksinya harus sesuai untuk menahan gaya, perpindahan, dan kecepatan dari gerakan tanah MCER. Elemen yang dikendalikan oleh kekuatan dari sistem peredam harus didesain untuk gaya seismik yang lebih besar 20 % dari respons MCER ratarata yang bersesuaian.

13.4.3 Kombinasi efek beban

Efek pada sistem peredam yang disebabkan oleh beban gravitasi dan gaya seismik harus dikombinasikan sesuai dengan 7.4 dengan memperhitungkan efek gaya seismik horizontal, QE, kecuali jika QE harus ditentukan berdasarkan analisis MCER. Bila kombinasi beban yang digunakan mencakup beban hidup, diperkenankan untuk menggunakan faktor beban 25 % pada beban hidup untuk analisis respon riwayat waktu nonlinier. Faktor redundansi, ρ, harus diperhitungkan sama dengan 1,0 dalam semua kasus, dan efek beban seismik termasuk kuat lebih pada 7.4.3 tidak perlu diterapkan pada desain sistem peredam.

13.4.4 Kriteria penerimaan untuk parameter respon terkait

Komponen sistem peredam harus dievaluasi menggunakan kriteria disain kekuatan pada peraturan ini dengan menggunakan gaya seismik dan kondisi pembebanan seismik yang ditentukan dari analisis respons riwayat waktu nonlinear MCER dan faktor reduksi kekuatan ϕ= 1,0.


“Hak cipta Badan Standardisasi Nasional, copy standar ini dibuat untuk Sub KT 91-01-S4 Bahan, Sain, Struktur & Konstruksi Bangunan, dan tidak untuk dikomersialkan” SNI 1726:2019 © BSN 2019 200 dari 236


[ Lanjut Ke 13.5 Kajian desain ... ]





Kembali ke Daftar Isi
Jelajah ke Daftar Gambar
Jelajah ke Daftar Tabel