10.2 Struktur bangunan nongedung yang dipikul oleh struktur lain

Bila struktur bangunan nongedung yang tercantum dalam Tabel 28 dipikul oleh struktur lainnya dan struktur bangunan nongedung tersebut bukan merupakan bagian dari sistem pemikul gaya seismik utama, maka salah satu metode berikut ini harus digunakan.

10.2.1 Kondisi kurang dari 25 % berat gabungan

Untuk kondisi berat struktur bangunan nongedung kurang dari 25 % berat seismik efektif gabungan dari struktur bangunan nongedung dan struktur pemikulnya, gaya seismik desain struktur bangunan nongedung harus ditentukan sesuai dengan Pasal 9 dengan nilai Rp dan ap yang ditentukan sesuai dengan 9.1.4. Struktur pemikulnya harus didesain menurut


“Hak cipta Badan Standardisasi Nasional, copy standar ini dibuat untuk Sub KT 91-01-S4 Bahan, Sain, Struktur & Konstruksi Bangunan, dan tidak untuk dikomersialkan” SNI 1726:2019 © BSN 2019 134 dari 236


persyaratan Pasal 7 atau 10.4, dengan berat struktur bangunan nongedung diperhitungkan dalam penentuan berat seismik efektif, W.

10.2.2 Kondisi lebih besar atau sama dengan 25 % berat gabungan

Untuk kondisi berat struktur bangunan nongedung sama dengan atau lebih besar dari 25 % berat seismik efektif gabungan dari struktur bangunan nongedung dan struktur pemikulnya, analisis yang menggabungkan karakteristik struktural dari struktur bangunan nongedung dan struktur pemikulnya harus dilakukan untuk menentukan gaya seismik desain sebagai berikut:

1. Bila waktu getar alami, T, struktur bangunan nongedung kurang dari 0,06 detik, struktur bangunan nongedung harus dianggap sebagai elemen kaku dengan distribusi berat seismik efektif yang sesuai. Struktur pemikulnya harus didesain sesuai dengan persyaratan Pasal 7 atau 10.4, dan nilai R dari sistem gabungan diizinkan diambil dari nilai R sistem struktur pemikul. Struktur bangunan nongedung dan struktur yang menempel padanya harus didesain terhadap gaya-gaya dengan menggunakan prosedur Pasal 9 dengan nilai Rp harus diambil sama dengan nilai R dari struktur bangunan nongedung seperti yang tercantum dalam Tabel 28, dan ap harus diambil sebesar 1,0.

2. Bila waktu getar alami, T, struktur bangunan nongedung sama dengan 0,06 detik atau lebih, struktur bangunan nongedung dan struktur pemikulnya harus dimodelkan dalam suatu model gabungan dengan kekakuan dan distribusi berat seismik efektif yang sesuai. Struktur gabungan harus didesain sesuai dengan 10.4 dengan nilai R dari sistem gabungan diambil dari nilai R yang terkecil dari struktur bangunan nongedung atau struktur pemikulnya. Struktur bangunan nongedung dan struktur yang menempel padanya harus didesain terhadap gaya-gaya yang bekerja pada struktur bangunan nongedung dalam analisis gabungan.

10.2.3 Komponen arsitektural, mekanikal, dan elektrikal

Komponen arsitektural, mekanikal, dan elektrikal yang dipikul oleh struktur bangunan nongedung harus didesain sesuai dengan Pasal 9 dari standar ini.

[ Lanjut Ke 10.3 Persyaratan desain struktur ... ]




Kembali ke Daftar Isi
Jelajah ke Daftar Gambar
Jelajah ke Daftar Tabel